oleh

Andi Desfiandi: Lampung Siap Sambut Jadi Ibukota RI

Bandarlampung (Kiwarinews): Presiden Jokowi kembali membahas rencana pemindahan ibu kota RI ke luar Pulau Jawa, beberapa waktu lalu. Sekelompok aktivis dan tokoh masyarakat Lampung telah menawarkan diri di daerahnya sejak dua tahun lalu. 

Dr. Andi Desfiandi, SE, MM telah menginisiasi FGD beberapa kali untuk mengkaji kemungkinan Lampung menjadi ibu kota RI dari berbagai sudut atau pandangan para tokoh hingga akademisi berbagai disiplin ilmu. 

Kesimpulannya, Provinsi Lampung sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera yang dekat dengan Jakarta memiliki kawasan yang berpotensi menjadi lokasi alternatif ibu kota RI, yakni tepatnya di kawasan pesisir Timur. 

Alasannya antara lain, pemerintah memiliki lahan luas di kawasan tersebut, daerahnya relatif aman dari gempa dan tsunami, berhadapan dengan pantai yang menghadap lalu lintas perdagangan dunia, dan lainnya. 

Lampung, selain ditinjau dari berbagai sudut budaya dan berbagai disiplin ilmu, sekelompok aktivis, akademisi, tokoh masyarakat berinisiatif untuk mengkaji secara ilmiah bahwa provinsi ini memang paling tepat jadi lokasi ibu kota RI.

Para penggagas Lampung sebagai alternatif DKI RI, Ahmad Muslimin, Dedy Rohman, Muzzamil Jayamahe, dan Joni Fadli bergerak menawarkan hasil FGB ke berbagai pihak yang berkompeten di tingkat kebijakan.

Pasca-Pemilu 2019, Jokowi membuka kembali wacana pemindahan ibu kota RI ke luar Pulau Jawa. Lampung kembali menegaskan siap menyambut daerahnya sebagai pilihan menjadi pilihan ibu kota RI. 

Andi Desfiandi yang juga ketua Bravo 5 Lampung, relawan pemenangan Paslon 01 Jokowi-Maruf, mengajak masyarakat Lampung bersama-sama memperjuangkan ibu kota RI pindah ke Lampung. (Rmol/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed